.

.
.

14 Mei 2010

Anggota DPRD Jateng asal PKB 'Sekolah' Anggaran

Semarang - Berdasarkan data ICW tahun 2009, Jateng merupakan daerah terkorup. Agar kondisi itu tak makin parah, anggota DPRD asal PKB 'disekolahkan' yang fokusnya ke penganggaran.

Sekolah untuk wakil rakyat itu digelar di Hotel Metro Semarang, Jl Pemuda, Jumat (15/1/2010) sore. Pesertanya adalah ketua fraksi dan komisi DPRD kabupaten/kota dan provinsi.

Ketua DPW PKB Jateng, Abdul Kadir Karding mengatakan, melalui sekolah penganggaran, pihaknya berharap anggota DPRD asal PKB kian memahami, mengkritisi dan akhirnya menciptakan anggaran pro rakyat. Proses yang ditempuhnya juga diharapkan transaparan dan akuntabel.

"Salah satu tugas mereka kan di bidang penganggaran. Maka itu, kegiatan ini penting," katanya.

Karding menambahkan sebagian anggota DPRD asal PKB untuk periode 2009-2014 adalah muka baru. Sebab itu, mereka harus mengasah kemampuan legislasinya.

"Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan. Setahun bisa sekali atau dua kali, agar berkelanjutan," jelasnya.

Sekolah anggota DPRD tahap satu digelar Oktober 2009 lalu. Pesertanya, seluruh anggota DPRD asal PKB. Sekolah tahap dua ini hanya diikuti ketua fraksi dan komisi yang jumlahnya 41 orang. Narasumbernya berasal dari aktivis Fitra Jakarta dan akademisi.